Rekap Aturan

Aturan Lengkap Terkait Kewajiban Perpajakan atas PTN-BH

Pendidikan merupakan salah satu sektor penting dalam pembangunan sumber daya manusia. Dalam upaya membangun kesadaran wajib belajar, Pemerintah mencanangkan program wajib belajar 12 tahun. Program ini merupakan cara pemerintah untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia yang ke depannya juga berpengaruh pada peningkatan kesejahteraan sosial. 
 
Namun demikian, sektor pendidikan dan pajak memiliki kaitan yang cukup erat. Sektor pendidikan di Indonesia, khususnya lembaga pendidikan negeri dibiayai oleh APBN yang bersumber dari pajak. Di satu sisi, lembaga pendidikan perguruan tinggi negeri badan hukum (PTN-BH) memiliki perlakuan pajak yang khusus. Berbeda dengan lembaga pendidikan lainnya, PTN-BH memiliki perlakuan pajak penghasilan dan pajak pertambahan nilai yang khusus. Lebih lanjut mengenai perlakuan pajak penghasilan sisa lebih atas PTN-BH dapat disimak di artikel berikut: Soal PPh Sisa Lebih Lembaga Pendidikan, Ini Temuan Praktik di Lapangan. Lantas bagaimana dengan aturan pajak atas PTN-BH? Bagaimana kewajiban perpajakannya? Mari kita simak rekap aturannya di bawah ini.
 
Undang-Undang:
 
Peraturan Pemerintah:
  • Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2010 tentang Penghitungan Penghasilan Kena Pajak Pelunasan Pajak Penghasilan Dalam Tahun Berjalan.
  • Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1983 tentang Pajak Pertambahan Nilai Barang dan Jasa dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah Sebagaimana Telah Beberapa Kali Diubah Terakhir Dengan Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2009 tentang Perubahan Ketiga atas Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1983 Tentang Pajak Pertambahan Nilai Barang dan Jasa dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah.
 
Peraturan Menteri Keuangan:
 
Peraturan Direktur Jenderal Pajak
 
Surat Direktur Jenderal Pajak
Surat Direktur Jenderal Pajak Nomor SE-34/PJ/2017 tentang Penegasan Perlakuan Perpajakan Bagi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum.
Perlu bantuan?

Mengalami kendala dalam menemukan dokumen yang Anda cari? Kami siap membantu, serta mengharapkan kritik dan saran dari Anda.


Mempersiapkan
Print File