Rekap Aturan

Rekap Aturan Pajak atas Industri Pertambangan Mineral dan Batubara

Mineral dan batubara merupakan kekayaan alam yang tak terbarukan dan banyak dimanfaatkan oleh manusia. Seperti misalnya batubara, yang digunakan sebagai salah satu bahan bakar pembangkit listrik dan bahan pendukung dalam industri baja dan aluminium. Sementara itu, mineral hasil pertambangan dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku kabel listrik, perhiasan, bahan kimia ungtuk industri kosmetik dan kesehatan, serta bahan utama dalam produksi peralatan rumah tangga.
 
Mengingat beragam manfaat dari mineral dan batubara tersebut, penguasaan sumber mineral dan batubara diatur sepenuhnya oleh pemerintah. Adapun ketentuan mengenai penguasaan mineral dan batubara diatur dalam Undang-Undang No. 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara (UU Minerba). Tak hanya itu saja, pertambangan minerba juga mendapatkan perlakuan pajak khusus dalam rangka mendorong industri ini terus tumbuh. Perlakuan pajak khusus ini meliputi tata cara pelaporan pajak penghasilan, bea masuk dan PPN atas penyerahan dan ekspor hasil pertambangan minerba, serta pajak bumi dan bangunan untuk sektor pertambangan. Lantas seperti apa aturan pajak atas industri pertambangan mineral dan batubara? Apa saja fasilitas pajak untuk industri pertambangan minerba? Mari simak selengkapnya pada rekap aturan di bawah ini!

Undang-Undang

Peraturan Pemerintah

Instruksi Presiden

Peraturan Menteri Keuangan

Peraturan Direktur Jenderal Pajak

Keputusan Direktur Jenderal Pajak

  • Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-93/PJ/2019 tentang Penetapan Nilai Bumi per Meter Persegi untuk Permukaan Bumi Offshore, Nilai Bumi per Meter Persegi Untuk Tubuh Bumi Eksplorasi, Angka Kapitalisasi, Harga Uap, dan Harga Listrik, untuk Penentuan Besarnya Nilai Jual Objek Pajak Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Pertambangan Tahun Pajak 2019.

Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak

Perlu bantuan?

Mengalami kendala dalam menemukan dokumen yang Anda cari? Kami siap membantu, serta mengharapkan kritik dan saran dari Anda.


Mempersiapkan
Print File