Rekap Aturan

Aturan mengenai Pajak Penghasilan atas Perbankan dan Pembiayaan Syariah

Pertumbuhan perbankan syariah yang cukup signifikan menyebabkan produk bank syariah harus mampu bersaing dengan produk perbankan konvensional. Kini, masyarakat mulai mengenal istilah-istilah dalam perbankan syariah seperti ijarah (kegiatan sewa-menyewa), mudharabah (bagi hasil), murabahah (kegiatan jual-beli), dan qardh (kegiatan pinjam-meminjam). 
 
Terlebih lagi pasar modal syariah di Indonesia juga mengalami peningkatan. Ini ditunjukkan dengan munculnya beragam bentuk produk pembiayaan keuangan syariah. Salah satunya adalah munculnya efek beragun aset syariah (EBAS) pada tahun 2015. Terdapat 2 (dua) bentuk EBAS yang tersedia yaitu kontrak investasi kolektif (KIK) dan surat partisipasi. Selengkapnya mengenai implikasi pajak atas KIK dapat disimak pada artikel Mencermati Isu PPh atas KIK EBA Syariah.
 
Lantas bagaimana penerapan pajak atas perbankan dan pembiayaan syariah? Simak aturan lengkap mengenai pajak atas bisnis syariah berikut ini!
 
Undang-Undang:
Peraturan Pemerintah:
Peraturan Menteri Keuangan:
 
Peraturan Otoritas Jasa Keuangan
Perlu bantuan?

Mengalami kendala dalam menemukan dokumen yang Anda cari? Kami siap membantu, serta mengharapkan kritik dan saran dari Anda.


Mempersiapkan
Print File